Pages

Kamis, 01 November 2012

RPP IPA Kelas 5


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO: ……………………

SEKOLAH                                         :    
MATA PELAJARAN                        :     ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS / SEMESTER                       :     V / 1
WAKTU                                             :     4 jam pelajaran

A.           STANDAR KOMPETENSI
1.      Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan.

B.           KOMPETENSI DASAR
1.1    Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia

C.           TUJUAN PEMBELAJARAN
·                    Siswa dapat mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia.
·                    Siswa dapat membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya
·                    Siswa dapat menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia
·                    Siswa dapat memelihara kesehatan alat pernapasan

D.          MATERI PEMBELAJARAN
·                    Organ pernapasan pada manusia terdiri dari: hidung, tenggorokan, dan paru-paru.
·                    Model alat pernapasan manusia menggunakan bahan yang ada di lingkungan siswa
·                    Gangguan pernapasan didsebabkan oleh penyakit influensa, asma, pneumonia, dan tbc
·                    Menjaga alat pernapasan dengan olahraga, makanan bergizi, dan menjaga kebersihan.

E.           METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
·                    Metode :
·                    Ceramah
·                    Tanya jawab
·                    Inkuiri
·                    Diskusi

·                    Model Pembelajaran :
·                    Small group Discussion
·                    Gallery Work


F.            LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Dilaksanakan tanggal ……………………………..
No.
Kegiatan
Waktu
Metode

1.

Pendahuluan
a.   Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
b.   Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang organ-organ tubuh manusia
c.   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yaitu: siswa dapat mengidentifikasi organ pernapasan manusia
d.   Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uarian kegiatan siswa dengan model pembelajaran Small Group Discussion


10

Tanya jawab


2.

Kegiatan inti:
a.   Eksplorasi
·        Guru membagi siswa ke dalam 4 – 5 kelompok
·        Guru memberikan bacaan/teks tentang alat pernapasan manusia dan fungsinya untuk masing-masing kelompok
·        Siswa mendiskusikan isi bacaan/teks

b.   Elaborasi
·        Siswa menunjuk juru bicara
·        Juru bicara mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas

c.   Konfirmasi
·        Kelompok lain memberikan pertanyaan/tanggapan
·        Guru menyampaikan kesimpulan/ refleksi kepada masing-masing kelompok



20







20




10


Identifikasi
Diskusi






Presentasi




Tanya jawab






3.

Penutup
·        Bersama-sama siswa,guru membuat rangkuman / simpulan pelajaran
·        Guru melakukan penilaian melalui tes formatif


10

Tugas terkondisi








Pertemuan 2
Dilaksanakan tanggal ……………………………..
No.
Kegiatan
Waktu
Metode

1.

Pendahuluan
a.         Guru mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan fungsi bagian-bagian alat pernapasan manusia.
b.         Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan siswa dengan model pembelajaran Gallery Work.


10

Tanya jawab


2.

Kegiatan inti:
a.   Eksplorasi
·        Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok
·        Masing-masing kelompok diberi lembar kerja
·        Diskusi kelompok merancang model alat pernapasan manusia

b.   Elaborasi
·        Masing-masing kelompok memajang hasil kerja kelompoknya di papan pajangan.
·        Masing-masing kelompok mengamati hasil kerja kelompok lain
·        Tiap-tiap kelompok menjelaskan pertanyaan dari kelompok lain

c.   Konfirmasi
·        Guru bersama siswa melakukan koreksi terhadap hasil kerja kelompok
·        Guru menyampaikan kesimpulan/ tanggapan kepada masing-masing kelompok



20







20





10


Identifikasi
Diskusi






Presentasi





Tanya jawab


3.

Penutup
·        Bersama-sama siswa,guru membuat rangkuman / simpulan pelajaran
·        Guru melakukan penilaian melalui tes formatif
·        Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk remidi, perbaikan, dan pengayaan.


10

Tugas terkondisi

G.          Sumber Belajar
1.      Tim Bina Karya Guru, 2006, IPA SD Kelas 5, Jakarta, Erlangga. Halaman 3 s.d. 10
2.      Sumiati Sa’adah, 2004, Sains untuk Siswa SD dan MI Kelas 5, Bandung, Titian Ilmu. Halaman 3 s.d. 8

H.          Penilaian

No.
Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.
Siswa dapat menyebutkan alat pernapasan manusia


Sebutkan alat pernapasan manusia!
2.
Siswa dapat menjelaskan fungsi bagian-bagian alat pernapasan manusia


Sebutkan alat-alat pernapasan pada hidung dan jelaskan fungsinya!
3.
Siswa dapat menjelaskan alat-alat yang bekerja pada saat bernapas


Alat apa saja yang bekerja ketika kita bernapas?
4.
Siswa dapat menyatakan sebab-sebab terjadinya gangguan pernapasan


Faktor apa saja yang    menyebabkan terjadinya gangguan pernapasan ?
5.
Siswa dapat menjelaskan langkah-langkah menjaga kesehatn akat pernapasan


Bagaimana cara menjaga kesehatan alat pernapasan?


Skor nilai: skor perolehan x 2

Kunci Jawaban

No.
Jawaban
Skor Nilai
1.
Hidung, tenggorokan, dan paru-paru
2
2.
Selaput mukosa untuk melembabkan dan menghangatkan udara
Rambut hidung untuk menyaring kotoran
2
3.
Hidung, tenggorokan, paru-paru
2
4.
Influensa, asma, pneumonia, dan tbc
2
5.
Makan makanan bergizi, berolahraga, menjaga kebersihan badan
2

Jumlah skor maksimal
10






               Mengetahui
            Kepala Sekolah                                                                            Guru Kelas V




                                                                 
NIP                                                      NIP 




                                                           

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About