RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
NO:
……………………
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS / SEMESTER : V / 1
WAKTU : 4 jam pelajaran
A.
STANDAR
KOMPETENSI
1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh
manusia dan hewan.
B.
KOMPETENSI
DASAR
1.1 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan
manusia
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Siswa dapat mengidentifikasi fungsi organ
pernapasan manusia.
·
Siswa dapat membuat model alat pernapasan
manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya
·
Siswa dapat menjelaskan penyebab
terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia
·
Siswa dapat memelihara kesehatan alat
pernapasan
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
·
Organ pernapasan pada manusia terdiri
dari: hidung, tenggorokan, dan paru-paru.
·
Model alat pernapasan manusia menggunakan
bahan yang ada di lingkungan siswa
·
Gangguan pernapasan didsebabkan oleh
penyakit influensa, asma, pneumonia, dan tbc
·
Menjaga alat pernapasan dengan olahraga,
makanan bergizi, dan menjaga kebersihan.
E.
METODE
DAN MODEL PEMBELAJARAN
·
Metode :
·
Ceramah
·
Tanya
jawab
·
Inkuiri
·
Diskusi
·
Model Pembelajaran :
·
Small
group Discussion
·
Gallery
Work
F.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Dilaksanakan
tanggal ……………………………..
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
a. Guru menyiapkan siswa
secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
b. Guru mengajukan
pertanyaan-pertanyaan tentang organ-organ tubuh manusia
c. Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran yaitu: siswa dapat mengidentifikasi organ pernapasan manusia
d. Guru menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uarian kegiatan siswa dengan model pembelajaran Small
Group Discussion
|
10
|
Tanya jawab
|
2.
|
Kegiatan inti:
a. Eksplorasi
·
Guru
membagi siswa ke dalam 4 – 5 kelompok
·
Guru
memberikan bacaan/teks tentang alat pernapasan manusia dan fungsinya untuk
masing-masing kelompok
·
Siswa
mendiskusikan isi bacaan/teks
b. Elaborasi
·
Siswa
menunjuk juru bicara
·
Juru
bicara mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
c. Konfirmasi
·
Kelompok
lain memberikan pertanyaan/tanggapan
·
Guru
menyampaikan kesimpulan/ refleksi kepada masing-masing kelompok
|
20
20
10
|
Identifikasi
Diskusi
Presentasi
Tanya jawab
|
3.
|
Penutup
·
Bersama-sama
siswa,guru membuat rangkuman / simpulan pelajaran
·
Guru
melakukan penilaian melalui tes formatif
|
10
|
Tugas terkondisi
|
Pertemuan 2
Dilaksanakan
tanggal ……………………………..
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Guru
mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan fungsi bagian-bagian alat
pernapasan manusia.
b.
Guru
menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan siswa dengan model
pembelajaran Gallery Work.
|
10
|
Tanya jawab
|
2.
|
Kegiatan inti:
a. Eksplorasi
·
Guru
membagi siswa dalam beberapa kelompok
·
Masing-masing
kelompok diberi lembar kerja
·
Diskusi
kelompok merancang model alat pernapasan manusia
b. Elaborasi
·
Masing-masing
kelompok memajang hasil kerja kelompoknya di papan pajangan.
·
Masing-masing
kelompok mengamati hasil kerja kelompok lain
·
Tiap-tiap
kelompok menjelaskan pertanyaan dari kelompok lain
c. Konfirmasi
·
Guru
bersama siswa melakukan koreksi terhadap hasil kerja kelompok
·
Guru
menyampaikan kesimpulan/ tanggapan kepada masing-masing kelompok
|
20
20
10
|
Identifikasi
Diskusi
Presentasi
Tanya jawab
|
3.
|
Penutup
·
Bersama-sama
siswa,guru membuat rangkuman / simpulan pelajaran
·
Guru
melakukan penilaian melalui tes formatif
·
Guru
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk remidi, perbaikan, dan
pengayaan.
|
10
|
Tugas terkondisi
|
G.
Sumber
Belajar
1. Tim
Bina Karya Guru, 2006, IPA SD Kelas 5, Jakarta ,
Erlangga. Halaman 3 s.d. 10
2. Sumiati
Sa’adah, 2004, Sains untuk Siswa SD dan MI Kelas 5, Bandung ,
Titian Ilmu. Halaman 3 s.d. 8
H.
Penilaian
No.
|
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
1.
|
Siswa
dapat menyebutkan alat pernapasan manusia
|
|
|
Sebutkan
alat pernapasan manusia!
|
2.
|
Siswa
dapat menjelaskan fungsi bagian-bagian alat pernapasan manusia
|
|
|
Sebutkan
alat-alat pernapasan pada hidung dan jelaskan fungsinya!
|
3.
|
Siswa
dapat menjelaskan alat-alat yang bekerja pada saat bernapas
|
|
|
Alat
apa saja yang bekerja ketika kita bernapas?
|
4.
|
Siswa
dapat menyatakan sebab-sebab terjadinya gangguan pernapasan
|
|
|
Faktor
apa saja yang menyebabkan terjadinya gangguan pernapasan ?
|
5.
|
Siswa
dapat menjelaskan langkah-langkah menjaga kesehatn akat pernapasan
|
|
|
Bagaimana
cara menjaga kesehatan alat pernapasan?
|
Skor nilai: skor perolehan x 2
Kunci Jawaban
No.
|
Jawaban
|
Skor Nilai
|
1.
|
Hidung, tenggorokan, dan
paru-paru
|
2
|
2.
|
Selaput mukosa untuk
melembabkan dan menghangatkan udara
Rambut hidung untuk
menyaring kotoran
|
2
|
3.
|
Hidung, tenggorokan,
paru-paru
|
2
|
4.
|
Influensa, asma, pneumonia,
dan tbc
|
2
|
5.
|
Makan makanan bergizi,
berolahraga, menjaga kebersihan badan
|
2
|
|
Jumlah skor maksimal
|
10
|
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas V
NIP NIP
0 komentar:
Posting Komentar